"SELAMAT DATANG di SD NEGERI 08 LUBUK DALAM" - "Kami memang bukan yang terbaik, tapi akan berusaha memberikan yang terbaik".

Mengetahui Validasi NISN Siswa Secara Online


Cara Mencari NISN Secara Online 



Sehubungan dengan  NISN sekarang dikelola oleh Pusat Data dan Statistik Kemdiknas bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan yang melayani sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional. NISN menerapkan sistem komputerisasi terpusat dan dapat diakses online oleh masyarakat dan telah sinkron dengan aplikasi dapodik.

Perlu diketahui bahwa mencari NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) atau Data Siswa secara online lewat internet adalah untuk mengetahui atau mengecek apakah NISN sudah sesuai dengan kebenaran data siswa? Jika siswa sudah mengetahui NISN yang telah diberikan oleh sekolah, bisa melihat langsung data siswa yang ada di pusat kemendikbud. Cukup menginput NISN pada situs nisn.data.kemendikbud. Apabila ada kesalahan data siswa bisa segera memberitahu ke operator sekolah untuk memperbaiki, mengingat NISN akan terus digunakan selamanya.
Namun jika siswa ingin mengetahui NISN-nya karena lupa dan segera ingin mendapatkan untuk sesuatu hal, maka bisa menggunakan cara mencari NISN online. Siswa cukup menginput data siswa dengan lengkap dan benar pada situs nisn.data.kemendikbud. Sebenarnya yang paling mudah adalah bertanya langsung ke sekolah (operator sekolah) karena memiliki akses data siswa di dapodik.
Jika NISN maupun data siswa sudah diinput dengan benar di aplikasi dapodik oleh operator sekolah maka data-data akan ditampilkan, namun jika NISN tidak tampil ada beberapa penyebab.

Cara Mencari NISN Secara Online

Cara mencari NISN adalah dengan berkunjung ke website http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data.  Pada website tersebut, Anda akan dipandu untuk mencari NISN atau Data Siswa lewat internet.

Ada dua pilihan menu Cara mencari NISN Data Siswa online, yaitu :

Mencari berdasarkan NISN untuk melihat Data Siswa, dengan cara memasukkan NISN siswa.
mencari-Data-Siswa-berdasarkan-NISN
Pencarian berdasarkan NISN
Mencari berdasarkan Nama untuk melihat NISN, dengan cara memasukkan nama siswa, tempat lahir, dan tanggal lahir (format: tanggal/bulan/tahun) misalnya :

mencari-NISN-berdasarkan-nama
Pencarian berdasarkan Nama Siswa
Namun jika dalam mencari NISN dan Data Siswa online tidak membuahkan hasil, kemungkinan data belum di-entry, masih diproses atau kesalahan memasukkan data pencarian.






Silahkan saling berbagi info ini melalui :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan mengisi kolom komentar dibawah ini :

Copyright © SD Negeri 08 Lubuk Dalam