"SELAMAT DATANG di SD NEGERI 08 LUBUK DALAM" - "Kami memang bukan yang terbaik, tapi akan berusaha memberikan yang terbaik".

Info PTK/GTK 2018 - Lapor Tunjangan Dikdas

Cek info PTK/ GTK tahun 2018 periode tahun ajaran 2016/2018 semester 1 ( ganjil) dan semester 2 (genap). Untuk bapak dan ibu guru yang masih kebingungan mengenai cara cek PTK sertifikasi guru, maupun cara cek PTK dapodik yang aktif maupun tidak, berikut akan kami rangkum ulasan mengenai panduan dan langkah- langkah cek PTK online yang bisa anda lakukan melalui HP maupun laptop anda.

Sebelum kita mengulas lebih jauh mengenai cek info PTK guru 2018 PNS dan non PNS, seperti yang kita ketahui bersama lembar Info PTK atau sering kita kenal dengan istilah lapor tunjangan dikdas (LTD) merupakan fasilitas untuk para guru/PTK yang disediakan oleh Direktorat P2TK Dikdas guna memberikan bantuan pada guru untuk melakukan pengecekan hasil verifikasi data yang telah dikirim melalui aplikasi Dapodik online nasional.

Ditahun 2018 ini, halaman login info PTK online sedikit mengalami perubahan jika dibandingkan dengan halaman login info PTK/ GTK pada tahun 2015 maupun 2016 lalu, namun hal ini tidak akan menyulitkan bapak dan ibu guru sebab untuk mengecek info PTK guru 2018 ternyata masih tetap mudah seperti dulu karena tampilannya yang masih memiliki urutan menu yang sama dengan tahun tahun sebelumnya.

Nah untuk para bapak ibu guru yang sudah tidak sabar ingin mengecek info PTK atau cek info GTK 2018, berikut langsung saja bapak dan ibu guru ikuti ulasan lengkapnya yang kami paparkan dibawah ini mengenai cara cek PTK 2018 periode tahun ajaran 2016/2018 semester 1 ( ganjil) dan semester 2 (genap) untuk guru PNS dan non PNS.

Cara Cek Info PTK/ GTK 2018 :

1. Buka aplikasi browser anda melalui laptop/ HP (chrome, mozilla / opera)
2. Selanjutnya ketikan salah satu alamat url yang ada dibawah ini. Untuk memudahkan, cukup dengan block dan seret salah satu alamat yang tersedia dan lanjutkan dengan Copy dan Paste pada browser anda sehingga anda tidak perlu menulis ulang.
3. Kemungkinan besar akan muncul seperti halaman dibawah ini, Jika memang muncul halaman seperti itu, langsung saja anda pilih menu “Kembali ke Beranda”



4. Setelah halaman info PTK diatas terbuka, lakukan “Login” untuk masuk ke dalam halaman verifikasi data guru/PTK. Data rincian loginnya sebagai berikut :
Masukkan NUPTK sebagai UserID
Masukkan tanggal lahir sebagai password dengan format penulisan YYYYMMDD di mana:
a.YYYY= tahun lahir 4 digit angka
b.MM = bulan 2 digit angka
c.DD = tanggal lahir 2 digit angka
d.Contoh: Tanggal lahir 12 Maret 2001 maka cara menuliskannya ialah 20010312
5. Langkah untuk cek info PTK selanjutnya yaitu dengan memasukkan kode captcha sesuai gambar dengan benar. Kode captcha terletak di bawah kolom password.

6. Setelah itu anda tinggal klik menu “Submit” dan tunggu beberapa detik sampai halaman verivikasi data tampil dengan benar.

7. Selesai. Anda sudah berhasil mengecek info PTK guru milik anda.
Notes : Jika memang terdapat data yang tidak sesuai antara data lembar info ptk dengan data asli maka segera anda lakukan pengecekan data pada Aplikasi Dapodik, perbaiki data yang tidak sesuai dan lanjutkan dengan melakukan sync ulang/BSD.
Pengertian PTK

Setelah anda menyimak bagaimana cara cek info PTK 2018 diatas, kita ulas sebentar mengenai apa itu PTK. PTK bisa diartikan sebagai Penelitian Tindakan kelas. Di mana hal ini merupakan dari tiga suku kata namun disatukan. Penelitian mempunyai arti bahwa mengamati atau mencermati objek yang berguna untuk menghasilkan data yang bermanfaat, sedangkan Tindakan adalah perbuatan yang dilakukan sengaja dengan tujuan mendapatkan sesuatu. Penelitian mempunyai arti studi sitematis yang dilakukan untuk meneliti perkembangan sesuatu.

Dalam bahasa dunia pendidikan PTK merupakan tindakan yang dilakukan oleh seorang pengajar ataupun guru yang dimana mengorganisasikan sistem pembelajaran yang sistematis dan juga berkesinambungan yang akan memperoleh hasil yang lebih baik. Kita bisa mengecek informasi tentang PTK dari website infoptk. Di sana banyak tersedia informasi PTK yang dibutuhkan. Langkah untuk cek info PTK 2018 pun bisa langsung anda praktekan sesuai yang kami tuliskan diatas.
Namun jika kita ingin mengecek data guru tentang GTK kita bisa melalui situs website infogtk yang bisa kita akses melalui internet. Dalam pengaksesan website tersebut terdapat langkah-langkah yang untuk mengecek Data guru dalam GTK tersebut. GTK merupakan singkatan dari Guru dan tenaga Kependidikan yang dimana datanya harus ada dalam Kementrian Pendidikan Indonesia. Sekian informasi mengenai cara cek info PTK/ GTK tahun 2018 periode tahun ajaran 2016/2018 semester 1 ( ganjil) dan semester 2 (genap).

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan tinggalkan jejak anda dengan mengisi kolom komentar dibawah ini :

Copyright © SD Negeri 08 Lubuk Dalam